Friday 4 July 2014

Apa sih GoPro itu???

Melihat sekilas, kamera ini kamera main-main. Mungkin ada yang menganggap kamera dari Mekkah, khas oleh-oleh yang baru datang dari tanah suci. Tapi sebenarnya, kamera ini tangguh. Asal, bersama aksesorisnya. Jika hanya bodi saja, daya gunanya tak maksimal. Itulah kamera GoPro. Tentang kamera ini ada banyak review-nya di internet, khususnya yang berbahasa Inggris.
Apa sih GoPro itu??? 

Tak pernah berpikir ada kamera jenis ini. Nanti pernah ada tamu yang datang ke rumah mengenalkan kamera aksi ‘action camera’, wawasan itu baru ada. Untuk berpikir menjadi salah satu alat kerja tak terlalu utama. Belakang, setelah ada banyak publikasi mengenai kamera aksi di Youtube, harapan itu mulai ada. Khususnya tentang kamera GoPro Hero 3, yang publikasinya di dunia maya cukup masif. Menggoda untuk memilikinya.

Butuh waktu hampir dua tahun hingga akhirnya bisa memiliki jenis kamera ini, sebagai salah satu kelengkapan alat kerja di lapangan. Ya, memang saya sudah memiliki Nikon D300s beserta housing-nya serta Nikon Coolpix AW-100 yang walau tanpa housing bisa dibawa menyelam di kedalaman 10 meter ke bawah serta ada fasilitas GPS. Tapi, ada beberapa ‘kelemahan’ dua kamera tersebut dibanding kamera aksi GoPro. Demikian juga sebaliknya. Apa itu?

Kamera ukurannya kecil, seukuran wadah korek api GoGo, tapi GoPro lebih tebal setengah senti. Lebih tampak sebagai mainan daripada kamera serius untuk profesional. Kedua, tak ada lubang intip (view finder) atau LCD untuk melihat bagaimana posisi obyek (kecuali membeli khusus LCD yang bisa dipasang di belakang bodi yang harganya hampir 1 juta). Itu jadi masalah besar bagi yang tak terbiasa; masalah besar sebab kita tak tahu komposisi obyek.

Apa sih GoPro itu??? 
Fitur-fitur yang sangat sederhana. Bila di kamera digital lain tombol-tombol fitur minimal lima, maka di GoPro hanya tiga. Tombol power yang juga jadi mode, tombol shutter juga untuk enter, dan satu tombol wifi. Kombinasi dua tombol awal adalah pemilihan menu. Untuk isinya tak banyak, jadi bisa mudah memahaminya tapi gampang lupa. Sedikitnya tombol menjadikan kamera ini 99% auto (1% itu hanya pilihan pada Spot Meter alias Yes atau Not). Tak ada pengaturan kecepatan, tak ada pengaturan bukaan, tak ada pengaturan ISO, dan pengaturan-pengaturan lain seperti yang ada di kamera digital pada umumnya.
Kekurangan di atas memberi kesimpulan bahwa sepertinya kamera GoPro kamera jadul. Satu-satunya LCD yang ada di situ masih monokrom, seperti kalkulator, dan tak ada lampu flash. Betul-betul ketinggalan jaman. Begitu kira-kira.
Tapi ternyata, kekurangan di atas memang disengaja. Dugaan saya, selain memang ada yang tidak terlalu penting, juga untuk menghemat baterei. Dengan kata lain, kamera ini betul-betul hanya mengandalkan dua bagian utama pada kamera, yaitu lensa dan sensor. Kan memang itu yang penting ada pada kamera. Jika itu tak ada, kamera tak bisa apa-apa. Kalau yang lain sih masih bisa tidak ada.

Nah, lalu apa kelebihan kamera ini. Pertama adalah kualitas gambar, khususnya GoPro Hero 3 seri Black. Bagi yang gemar mendokumentasikan aksi-aksi di lingkungan ekstrem atau aktivitas berbahaya dengan kualitas sangat bagus, kamera ini bisa diandalkan. Malah bisa dikatakan, kualitasnya mungkin terlalu berlebihan, alias mubasir juga sebab akan sangat jarang digunakan. Nanti saya jelaskan mengapa akan jarang digunakan.

Saya akan membandingkan kualitas video GoPro Hero 3 Black dengan dua kamera yang saya punyai (di atas sudah saya sebut) dan kamera merk lain yang saya tahu kualitas videonya, seperti Canon 7D.
GoPro Hero 3 Black resolusi videonya bisa sampai 4 K atau 4 K Cin atau kalau dalam resolusi layar sampai 4096 x 2160. Bandingkan dengan Nikon D300s yang hanya 1080 x 720 atau Coolpix AW-100 yang beresoulsi 1920 x 1080 alias sudah full HD, tapi pada GoPro telah ultra HD.

Frame per detiknya juga belum pernah saya temukan di kamera digital biasa, yang berkisar 12.5, 24, 25, 48, 50, 60 sampai 100. Apa artinya, bagi yang gemar membuat atau menghasilkan adegan lambat (slow motion), fps yang tinggi amat memanjakan. Singkat kata, ada sekitar sembilan kombinasi antara resolusi dengan fps-nya, tergantung film mau dipake apa nantinya.

Apa sih GoPro itu??? 
Saya katakan demikian, ini juga sekaligus menjelaskan maksud mubasir di atas, sebab kalau menggunakan resolusi maksimalnya, yaitu kelas cinema (sinema alias setingkat dengan kualitas film bioskop) maka, pertama, kartu memori akan cepat penuh. Jika menggunakan kualitas itu, minimal menggunakan kartu microSD kapasitas 32 atau 64 GB yang berkelas 10 (kecepatan tulis paling cepat). Kalau kartu 2 GB saja, itu bisanya 3 menit video kualitas bagus.

Kedua, ketika file sudah ada di komputer, bila file-nya langsung masuk perangkat editing, akan sangat berat dan (dalam bahasa Mandar) akan “tekke-tekke”. Itu sempat saya alami padahal saya sudah menggunakan MacBook Pro 17” prosesor Core i7 dengan RAM 8 (diolah di Final Cut 10).

Untuk kualitas foto, biasa-biasa saja. MB-nya sampai 12 saja (seri Silver dan White masing-masing 11 dan 5 MB). Tapi yang membuat decak kagum adalah burst-nya, bisa sampai 30 foto dalam 1 detik! Kalau Nikon D300s, paling banter 8 sampai 9 foto dalam 1 detik. Bedanya, sesaat setelah mengutip burst, butuh kamera butuh waktu beberapa detik menuliskan file foto ke kartu memori. Alias leg-nya cukup lama dibanding kamera DSLR.

Lalu bagaimana dengan kualitas warnanya? Kualitas warna, baik foto maupun film juga biasa-biasa. Tapi khusus kualitas warna video, biasa di sini kira-kira sama maknanya penampakan warna RAW pada foto DSLR. Maksudnya, warnanya memang tampak biasa-biasa, tapi sebenarnya file tersebut memberi keleluasaan untuk memperbaiki warnanya. Sebabnya apa? Sebab file video yang dihasilkan bisa dianggap file RAW. Itu sebabnya, walau sensor GoPro kecil (dibanding DSLR), tapi pengolahan filenya tidak sama.

Untuk mengatur ulang warna dan kompresi file, sebelum masuk ‘meja’ editing akhir, file dianjurkan melalui dulu program GoPro CineForm yang bisa didownload gratis dari web gopro.com. Faktor lain, jika sudah dikonversi di CineForm, file tidak akan berat lagi diolah, tapi kualitasnya tetatp terjaga (kompresinya khusus, tidak seperti kompresi lainnya, yang menurunkan kualitas gambar).

Kelebihan lainnya, bila ingin mencoba atau yang gemar membuat film tiga dimensi, menggunakan GoPro relatif mudah dan murah dibanding bila membeli kamera 3D betulan. Dengan menggunakan dua bodi kamera GoPro dalam satu wadah khusus dan setelah melalui penyatuan file dari kamera kanan dan kiri di GoPro CineForm, film tiga dimensi sudah bisa dihasilkan. Pun sudah bisa dipakai menyelam (anti air). Dianjurkan untuk menggunakan kacamata tiga dimensi untuk melihat hasilnya walau itu hanya di monitor komputer (bukan monitor khusus).

Berikutnya adalah aksesoris yang bisa disiapkan khusus untuk GoPro. Bila dibandingkan dengan jenis kamera lain, aksesoris GoPro cukup lengkap dan relatif murah. Misalnya harga housing yang bisa membawa kamera sampai ke kedalaman 60 meter, yang harganya tidak sampai 1 juta (housing-nya malah sudah ada saat beli kamera ini). Bandingkan dengan housing poket sejenis Canon PowerShot yang harganya di atas dua juta.

Sebab ukuran kameranya kecil, GoPro bisa dipasang di mana-mana (asal menggunakan aksesorisnya), seperti di kepala, di atas atau samping helem, di dekat ban motor/sepeda, di atas kap mobil, di haluan atau burita papan surfing, di dada, dan di lokasi-lokasi ekstrim lainnya. Yang bila kamera DSLR di situ, si pemilik akan berpikir dua kali (sebab berat, berpotensi jatuh, dan butuh alat aksesoris yang cukup mahal).

Lensa GoPro Hero 3 sudah pakem, yaitu lensa wide. Hasilnya ultra wide, tapi belum sampai seperti distorsi lensa mata ikan. Beberapa video di internet (Youtube) memperlihatkan GoPro yang diganti lensanya. Tapi itu butuh lensa dan keahlian khusus. Yang jelas, lensa bawaannya yang wide dengan F sampai 2.8 sudah lumayan, yaitu memperluas daerah tangkapan (jadi tak perlu terlalu khawati obyek tak masuk dalam frame).

Kamera GoPro Hero 3 sudah built in wifi. Artinya, bisa dikendalikan dari jauh untuk menekan shutter. Remote wifi sudah bawaan sejak membeli. Bagi yang punya iPhone atau Samsung Galaxy yang bisa install aplikasi GoPro, bisa menjadikan monitor hp atau tabletnya sebagai LCD darurat. Dikatakan darurat, sebab dari layar bisa dilihat penampakan apa yang dicakup lensa (frame), hanya saja tampilannya kecil (bila mau full screen, tap area monitor yang memperlihatkan cakupan lensa) dan tidak realtime. Ada leg beberapa detik antara apa yang dilihat oleh kamera dengan apa yang tampak di LCD kamera. Jadi, tidak sebaik dengan LCD yang telah menempel di kamera digital pada umumnya. Ini saya alami saat saya menggunakan iPhone 4 dalam mengendalikan GoPro Hero 3.
Apa sih GoPro itu??? 
Jadi apa kesimpulannya atas kamera GoPro? Bagi pengguna awam, yang hasil video untuk diaplod di Youtube saja, komputer yang digunakan lelet, dan ingin langsung melihat hasil jepretan, tak dianjurkan untuk menjadikan kamera ini sebagai kamera utama. Anda akan stress memilikinya. Kamera ini dibuat (khusus) bagi orang yang biasa ke lingkungan ekstrem untuk mendokumentasi. Baik aksi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya pe-motor cross, penyelam atau yang biasa snorkling, pe-sepeda atau pe-motor yang suka touring, pembuat film atau iklan, jurnalis (yang biasa investigasi), dan para aktivis pecinta alam.

Dilihat dari harga, GoPro Hero 3 (yang termahal) relatif murah. Tidak sampai 5 juta, yang sama harganya dengan DSLR paling murah (di Nikon dan Canon). Selain bodi, juga sudah mendapat ‘kesing’ (housing) anti air dan beberapa alat. Tapi belum termasuk aksesoris seperti kartu memori, alat untuk menempelkan ke kap mobil, ke sepeda, LCD, baterei tambahan, dan lain-lain. Yang jelas, kalau mau mengoleksi semua aksesoris GoPro, kira-kira butuh dana 5 juta lagi. Artinya, kelebihan kamera yang paripurna bisa dimiliki jika mengeluarkan bajet minimal 10 juta. Ya lumayan, tapi masih lebih murah dibanding DSLR semi-profesional yang hanya bodi saja.

Demikianlah tips tentang Apa sih GoPro itu??? yang bisa Kumpulan Tips Photography berikan, semoga bisa bermanfaat dan trimakasih atas kunjungannya.

13 comments:

  1. Informasinya sangat berguna,terimakasih 😊

    ReplyDelete
  2. ########TOKO SUMBER BAHAGIA########
    MENGELUARKAN PROMO UNTUK KEPUASAN KONSUMENT & MEMPERLUASKAN NAMA TOKO SUMBER KAMERA,
    TRANSAKSI DI JAMIN 100% AMAN & TERPECAYA
    Semua Produk Yang kami promo kan di jamin Original
    Garansi PT.DATASCRIP 1 thn Asli made In jepan.
    KELENGKAPAN 100% New fullset / Komplete

    #Contact person ;
    FIRMAN HIDAYAT
    Hp : 082393109391

    Alamat Toko ;
    SUMBER KAMERA
    Jl. Kramat Gantung No.20
    SURABAYA - Jawa Timur 60189
    # Facebook : Sumber Kamera
    # Twitter : @Sumber_kamera

    DAFTAR HARGA PROMO 2015
    Kamera DSLR Canon EOS 1000D kit 18-55mm IS STM Rp 1.856.600
    Kamera DSLR Canon EOS 1100D Kit 18-55mm + Kit 50mm IS II Rp 2.299.890
    Kamera DSLR Canon EOS 700D Kit 18-55mm IS STM Rp 3.224.700
    Kamera DSLR Canon EOS 700D Kit 18-135mm IS STM Rp 4.674.400
    Kamera DSLR Canon EOS 700D Body Rp 2.919.990
    Kamera DSLR Canon EOS 600D Body Rp 2.145.670
    Kamera DSLR Canon EOS 600D Kit 18-55IS Rp 2.694.520
    Kamera DSLR Canon EOS 600D Kit 18-135IS Rp 3.869.750
    Kamera DSLR Canon EOS 600D Double Kit 18-55mm+55-250mm Rp 5.458.000
    Kamera DSLR Canon Eos 70D Built-in WiFi Kit 18-200 IS Rp 7.499.400
    Kamera DSLR Canon EOS 70D Built-in Wifi Body Only Rp 2.310.890
    Kamera DSLR Canon EOS 70D Built-in WiFi Kit 18-55 IS STM Rp 3.958.160
    Kamera DSLR Canon EOS 70D Built-in WiFi Kit 18-135 IS STM Rp 5.959.450
    Kamera DSLR Canon EOS 60Da Body Rp 5.549.590
    Kamera DSLR Canon EOS 60D Body Rp 2.259.000
    Kamera DSLR Canon EOS 60D Kit 18-55 mm IS Rp 2.990.000
    Kamera DSLR Canon EOS 60D Kit 18-135mm Rp 3.768.690
    Kamera DSLR Canon EOS 60D Kit 18-200mm Rp 4.429.000
    Kamera DSLR Canon EOS 7D Body Only Rp 3.199.570
    Kamera DSLR Canon EOS 7D Kit EFS 18-135mm IS Rp 4.604.290
    Kamera DSLR Canon EOS 7D Kit EFS 15-85mm IS USM Rp 8.279.500
    Kamera DSLR Canon EOS 6D built-in Wifi body only Rp 3.819.580
    Kamera DSLR Canon EOS 6D body Rp 3.149.320
    Kamera DSLR Canon EOS 6D kit II with EF 24-70L IS USM Rp 9.749.400
    Kamera DSLR Canon EOS 6D built-in Wifi and GPS with EF Rp 5.199.300
    Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Body Rp 10.499.400
    Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Kit 24-105L Rp 15.398.600
    Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Kit 24-70mm Rp 21.769.910
    Kamera DSLR Canon EOS -1D X Rp 34.549.000

    di harap baca komentar selanjutnya? TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  3. KETERANGAN:
    Syarat & Ketentuan Order (wajib dibaca) ;
    ? Proses cepat & mudah
    ? Harga yg tertera sesuai iklan berlaku khusus Transaksi Online via Transfer (berlaku domisili dalam maupun luar kota)
    ? Khusus item Kamera, barangnya cuma tersedia khusus Online, tidak tersedia barang item Kamera ditoko
    Transaksinya jg cm khusus Online via Transfer
    ? Bagi yg belum menjadi Member/Reseller harus membawa Bukti Transfer DP/Tanda Jadi sebagai ganti Member/Reseller
    ? Cod dengan harga yg tertera sesuai iklan, ketentuannya harus ada DP/Tanda Jadi minimal 50% dari harga barang yg diorder
    ? Keep/Book barang harus ada Tanda Jadi setengah harga
    ? Delivery Toko tanpa DP/Tanda Jadi tidak dilayani
    ? Jika dlm 3 hari barang yg diterima ternyata terdapat cacat produksi maka akan kami tukar yg baru
    ? Barang yg telah dibayar kami jamin akan terkirim utuh dan lengkap secara aman
    ? Setiap barang yg kami jual selalu dilengkapi dengan kartu garansi
    ? Barang yg kami jual dijamin produk baru 100% dan bukan barang bekas/second, barang sama dengan yang dijual di toko-toko elektronik besar
    ? Harga sudah termasuk ongkos kirim dan barang dikirim melalui TIKI/JNE ke seluruh Indonesia
    ? Pengiriman barang dilakukan setelah administarasi pembayaran di selesaikan
    ? Pembayaran di transfer via BANK/ATM (Nomor rekening akan diberitahukan via SMS)
    ? Tidak menerima Tukar Tambah (TT)
    ? Tidak melayani Kredit dalam bentuk apapun
    ? Tidak menggunakan Jasa Rekber
    ? Kwalitas barang dijamin 100% Ori bukan buatan Cina/Replika/Super Copy & Batangan
    ? Garansi personal selama 2 minggu "Jika mana barang ada kerusakan atau kurang puas (tidak sesuai pesanan), silahkan ditukar atau dikembalikan (Uang kembali tanpa potongan)"
    ? Barang yg dikirim melalui Jasa pengiriman barang, keseluruhannya diasuransikan

    Bisa saling percaya yg paling utama dalam bertransaksi dengan pihak kami. Tidak ada pihak yg dirugikan & merugikan.!

    Contact person ;
    FIRMAN HIDAYAT
    Hp : 082393109391

    Alamat Toko ;
    SUMBER KAMERA
    Jl. Kramat Gantung No.20
    SURABAYA - Jawa Timur 60189
    # Facebook : Sumber Kamera
    # Twitter : @Sumber_kamera

    NO BOOKED CANCEL!
    SERIOUS BUYER ONLY!

    Terima Kasih & Happy Shopping *)?

    ReplyDelete
  4. "IPHONE 4"mu tak beli 3jt sini :)))

    ReplyDelete
  5. Wah ini nyatut nama toko kamera besar di sby, gak bener ini, mau tahu gimana reaksi sumber bahagia liat iklan songong kayak gini.....

    ReplyDelete
  6. Daftar Harga Lensa Tamron untuk Canon
    TAMRON 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro for CANON Rp 1.800.000


    TAMRON 18-200mm f/3.5-6.3 XR Di II LD Asp (IF) for CANON Rp 1.050.000


    TAMRON 70-300mm f/4-5.6 Di LD for CANON Rp 750.000


    TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II LD Asp (IF) for CANON Rp 1.400.000


    TAMRON 60mm f/2 Di II LD (IF) 1:1 Macro for CANON Rp 1.600.000


    TAMRON 70-300mm f/4-5.6 Di VC USD for CANON Rp 1.700.000


    TAMRON 10-24mm f/3.5-4.5 Di II LD Asp (IF) for CANON Rp 2.100.000


    TAMRON 10-24mm f/3.5-4.5 Di II LD Asp (IF) for CANON Rp 2.100.000


    TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II VC LD Asp (IF) for CANON Rp 2.200.000


    TAMRON 28-75mm f/2.8 XR Di LD Asp (IF) for CANON Rp 2.200.000


    TAMRON 18-200mm f/3.5-6.3 Di III VC for CANON EOS M Rp 2.300.000


    TAMRON 16-300mm f/3.5-6.3 Di II VC PZD MACRO for CANON Rp 3.200.000


    TAMRON 70-200mm f/2.8 Di LD (IF) for CANON Rp 3.300.000


    TAMRON 180mm f/3.5 Macro Di LD IF for CANON Rp 3.700.000


    TAMRON 28-300mm f/3.5-6.3 Di VC PZD Lens for CANON Rp 3.850.000


    TAMRON 200-500mm f/5-6.3 Di LD (IF) for CANON Rp 3.800.000


    TAMRON 24-70mm f/2.8 DI VC USD(IF) for CANON Rp 3.900.000


    TAMRON SP 150-600mm f/5-6.3 Di VC USD Lens for CANON Rp 3.900.000




    Harga Lensa Tamron For Nikon

    TAMRON 18-200mm f/3.5-6.3 XR Di II LD Asp (IF) for Nikon Rp 1.050.000


    TAMRON 70-300mm f/4-5.6 Di LD for Nikon Rp 750.000


    TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II LD Asp (IF) for Nikon Rp 1.400.000


    TAMRON 90mm f/2.8 Di 1:1 Macro for Nikon Rp 1.200.000


    TAMRON 60mm f/2 Di II LD (IF) 1:1 Macro for Nikon Rp 1.300.000

    TAMRON 18-270mm F/3.5-6.3 Di II VC PZD Nikon Rp 1.400.000


    TAMRON 70-300mm f/4-5.6 Di VC USD for Nikon Rp 1.500.000


    TAMRON 10-24mm f/3.5-4.5 Di II LD Asp (IF) for Nikon Rp 2.100.000


    TAMRON 10-24mm f/3.5-4.5 Di II LD Asp (IF) for Nikon Rp 2.100.000


    TAMRON 28-75mm f/2.8 XR Di LD Asp (IF) for Nikon Rp 2.150.000


    TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II VC LD Asp (IF) for Nikon Rp 2.200.000


    TAMRON 17-50mm f/2.8 XR Di II VC LD Asp (IF) for Nikon Rp 2.200.000


    TAMRON 16-300mm f/3.5-6.3 Di II VC PZD MACRO for Nikon Rp 3.100.000


    TAMRON 70-200mm f/2.8 Di LD (IF) for Nikon Rp 3.300.000


    TAMRON 180mm f/3.5 Macro Di LD IF for Nikon Rp 3.450.000


    TAMRON 28-300mm f/3.5-6.3 Di VC PZD Lens for Nikon Rp 3.650.000


    TAMRON 200-500mm f/5-6.3 Di LD (IF) for Nikon Rp 3.750.000


    TAMRON SP 150-600mm f/5-6.3 Di VC USD Lens for Nikon Rp 3.800.000

    CARA PEMESANAN:
    Nama # Alamat + Kode POS # JENIS/TIPE KAMERA # NO.HP.NO KTP.( Jasa Pengiriman lewat JNE/TIKI ).
    Kirim Ke: [HP]: 085310120333 [PIN]: 2AF541AC.
    CARA TRANSAKSI:

    *Barang akan Kami kirim setelah pembayaran diselesaikan Ke REK.BENDAHARA KEUANGAN
    TOKO KAMI

    *karna sudah banyak kasus yang mengatakan booking tapi pada akhirnya nggak jadi / Batal,
    akhirnya kami yang diRugikan,
    BARANG SELALU READY STOCK untuk semua MEREK KAMERA DSLR ?

    *Jika anda Tidak Puas / tidak sesuai dengan Keinginan, Barang Bisa di Kembalikan & Uang Kembali
    100% TanpaH adanya Potongan..

    *Pembayaran DP atau JAMINAN melalui via Transfer di BNI / BRI / BANK MUALAT

    *Barang di kirim melalui via TIKI / JNE
    Status pengiriman bisa di cek langsung di website TIKI/JNE
    JIKA BERMINAT SILAHKAN SMS/CALL (☎085310120333)
    INVITE PIN BB : 2AF541AC
    Melayani pengiriman ke seluruh indonesia melalui jasa TIKI/JNE

    ########### DI JAMIN 100% PASTI SAMPAI KE KOTA TUJUAN/ALAMAT KONSUMEN ###########

    ReplyDelete
  7. MAS TEMEN ANE PUNYA UTANG. UDAH AMPR SETAUN GA BAYAR2, DTAGIH MALAH NGASIH GOPRO HERO4. CUMAN KAMERANYA AJA AMA TONGSISNYA. MO DITANYAIN DAH MALES KETEMUNYA,,
    ANE KAN GAPTEK SOALE BLON PERNAH PUNYA GOPRO HHEE,,
    JADI PERLENGKAPAN APA AJA YNG HARUS DIBELI? KISARAN BRP??
    MAKASIIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkww. kok curhat gan...
      belin memori gan biar kepake...
      kalo mau cas bisa langsung clok ke laptop pake kbel data yg sesuai, kalo butuh water proof beliin harganya kisaran 300 (kalo mau buat nyelem di air)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

© Copyright 2017 Kumpulan Tips Photography Template Modify by Kumpulan Tips Photography | Powered by Blogger.com.